RPP IPS 8-2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP 5.1 )

Sekolah : SMP / MTs …………………
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VIII / 2
Alokasi Waktu : 4 x pertemuan ( 8 jam pelajaran )
Standar Kompetensi : 5. Memahami Usaha persiapan Kemerdekaan
Kompetensi Dasar : 5.1 Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi dan proses terbentuknya negara kesatuan Republik Indonesia
Indikator :
• Menjelaskan perbedaan perspektif antar kelompok sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia
• Menjelaskan kronologi proklamasi kemerdekaan Indonesia
• Mendeskripsikan secara kronologis penyebaran berita tentang proklamasi kemerdekaan dan sikap rakyat di berbagai daerah
• Menjelaskan proses terbentuknya negara dan pemerintah Republik Indonesia beserta kelengkapan dengan sidang PPKI
• Menganalisis dukungan spontan dan tindakan heroik dari berbagai daerah terhadap pembentukan negara dan pemerintah RI

A Tujuan Pembelajaran
1. Menjelaskan perbedaan perspektif antar kelompok sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia
2. Menjelaskan kronologi proklamasi kemerdekaan Indonesia
3. mendeskripsikan secara kronologis penyebaran berita tentang proklamasi kemerdekaan dan sikap rakyat di berbagai daerah
4. menjelaskan proses terbentuknya negara dan pemerintah Republik Indonesia beserta kelengkapan dengan sidang PPKI
5. Menganalisis dukungan spontan dan tindakan heroik dari berbagai daerah terhadap pembentukan negara dan pemerintah RI

B Materi Pembelajaran
1. Perbedaan perspektif antar kelompok sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia
2. Kronologi proklamasi kemerdekaan Indonesia
3. Penyebaran berita tentang proklamasi kemerdekaan dan sikap rakyat di berbagai daerah
4. Proses terbentuknya negara dan pemerintah Republik Indonesia beserta kelengkapan dengan sidang PPKI
5. Dukungan spontan dan tindakan heroik dari berbagai daerah terhadap pembentukan negara dan pemerintah RI

C Metode Pembelajaran
1. Diskusi
2. Observasi
3. Tanya jawab
4. Ceramah
5. Tugas

D Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Materi : Perbedaan perspektif antara kelompok sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia
a. Kegiatan Pendahuluan
 Apersepsi : Diingatkan kembali tentang peristiwa kekalahan Jepang terhadap Sekutu
 Motivasi : Ditampilkan gambar tragedi Bom atom Hirosima
b. Kegiatan Inti :
 Mengarahkan siswa untuk mmembaca buku sumber tentang perbedaan pendapat antar golongan tua dan muda tentang kemerdekaan yang menyangkut masalah :
1) Teks Proklamasi
2) Waktu pelaksanaan
3) Tempat pelaksanaan
4) pembaca teks Proklamasi
 Guru membagi dalam kelompok-kelompok maksimal 5 orang siswa untuk mendiskusikan membahas perbedaan golongan muda dan tua tentang proklmasi kemerdekaan
 Tanya jawab tentang nilai positif dan negatif dari perbedaan antara kedua kelompok tersebut
 Memberikan tugas rumah untuk mengumpulkan foto-foto gan gambar
c. Penutup
 Penilaian
 Refleksi : siswa dapat menjelaskan perbedaan perspektif antara kelompok sekitar proklamasi kemerdekaan

Pertemuan 2
Materi : Kronologi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
d. Pendahuluan
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
 Apersepsi : Diingatkan kembali bahwa proklamasi kemerdekaan Indonesia diwarnai oleh peran generasi muda
 Motivasi : Dijelaskan tentang kronologi berisi catatan-catatan penting peristiwa kemerdekaan Indonesia.
e. Kegiatan Inti
 Mengarahkan siswa untuk membuat naskah sosiodrama kronologi proklamasi kemerdekaan Indonesia dan disimulasikan
 Guru memandu untuk melaksanakan simulasi, semua kelompok untuk maju secara berurutan, simulasi dilakaukan secara berdialog
 Kelompok lain menanggapi presentasi kelompok
 Aspek yang diperlukan dalam simulasi adalah :
1) Kemampuan bermain peran (gaya,mimik)
2) Kemampuan menghapalkan materi yang akan didialogkan
3) Kemampuan menghayati alur cerita
 Membuat kesimpulan bersama-sama hasil simulasi

Pertemuan ke 3
Materi : Penyebaran berita proklamasi kemerdekaan melalui berita radio, pamflet, selebaran, koran.
a. Kegiatan Pendahuluan
 Apersepsi : Diingatkan bahwa perbedaan pendapat merupakan suatu rahmat. Dengan perbedaan pendapat manusia dapat saling memahami dan me nghargai keberadaan masing-masing diri. Dengan perbedaan manusia juga menjadi sadar ada keterbatasan yang melingkupi dirinya
 Motivasi : Guru membawa koran atau radio , kemudian dicari berita, kemudian anak-anak disuruh mendengarkan.
b. Kegiatan Inti
 Mengumpulkan gambar-gambar proses penyebaran berita proklamasi dengan referensi dan sumber lain yang relevan serta menanggapi
 Guru mempersilahkan kepada siswa untuk menggolongkan jenis penyebaran berita
 Guru mempersilahkan siswa untuk menyebutkan nama radio dan koran yang berjasa ikut menyebarkan berita proklamasi
 Membacakan ke depan kelas hasil penemuan setelah membuka buku atau mencari referensi lain.
c. Penutup
 Membimbing siswa untuk memberikan referensi
 Memberikan tes

Pertemuan ke 4
Materi : Proses tebentuknya Negara dan Pemerintah RI dengan sidang PPKI
a. Pendahuluan
1. Apersepsi : Para tokoh BPUPKI menyadari, bahwa memasukkan Malayu, Kalimantan Utara, irian Timur, dan Timor Timur ke dalam wuilayah RI sama seperti mengambil hak pihak lain secara pakasa, apabila rakyat di wilayah itu tidak menginginkannya.
2. Motivasi : Guru menyuruh anak untuk menyebutkan nama-nama Menteri pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.
b. Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi dalam 6 kelompok
2. Setiap kelompok diberi tugas untuk mendiskusikan tugas dan membuat kesimpulan :
a. Kelompok 1 : Pengesahan UUD 1945
b. Kelompok 2 : Pengangkatan presiden dan Wakil Presiden
c. Kelompok 3 : Pembentukan Kabinet RI
d. Kelompok 4 : Pembentukan wilayah dan pembentukan pemerintah daerah
e. Kelompok 5 : Pembenukan Komite Nasional Indonesia dan Daerah
f. Kelompok 6 : Pembentukan Alat perelngkapan Keamanan Negara
3. Setiap kelompok melaporkan hasilnya di depan kelas
4. Tanya jawab tentang perbedaannya.
c. Penutup
 Memberikan penguatan
 Memberikan tes
 Refleksi: siswa menyampaikam bentuk pemerintah di otonmi daerah sekarang ini.

Pertemuan 4
Materi : Dukungan dari berbagai daerah berupa dukungan spontan dan Tindakan heroik dari berbagai daerah.

a. Pendahuluan
 Apersepsi : Saat ini naskah asli UUD 1945 telah mengalami empat kali perubahan. Amandemen pertama UUD 1945 disahkan 19 Oktober 1999. Amandemen keduapada 18 Agustus 200. Amandemen ketiga pada 10 November 2001, dan amandemen keempat pada 10 Agusutus 2002
 Motivasi : Bagaimana perasaan kalian apabila rakyat mendukung pemerintah dalam sikap tegas merebut kepulauan Ambalat dari ekspansi Malaysia.
b. Kegiatan Inti
 Tanya jawab tentang situasi rapat raksasa di lapangan IKADA
 Tanya jawab tentang pernyataan Sri Sultan Hamengkubuwono IX (5 September 1945 )
 Menentukan tindakan heroik di berbagai daerah yang banyak menelan korban jiwa.
 Komunikatif dan penyampaian gagasan benar dan sistematik
c. Penutup
 Penilaian
 Refleksi : Siswa menyampaikan kesan betapa beratnya perjuangan zaman dahulu.

E Sumber dan Media Pembelajaran
1. Buku Sejarah pegangan siswa danbuku referensi
2. Atlas Sejarah
3. Gambar dan foto tokoh
4. Buku-buku UU

F Penilaian
1. Tes tertulis (terlampir)
2. Penugasan
3. Observasi
a. Penilian
 Tes tulis
1) Jawabalah dengan Jelas !
(a) 7 Desmber 1941 =
(b) 7 Mei 1942 =
(c) 7 September 1944 =
(d) 29 April 1945 =
(e) 7 Agustus 1945 =
(f) 7 Agusuts 1945 =
(g) 9 Agustus 1945 =
(h) 15 Agustus 1945 =
(i) 16 Agustus 1945 =
(j) 28 Agustus 1945 =
(k) 18 Agustus 1945 =
(l) 11 Juni 1947 =
2) Mengapa vacuum of power merupakan saat terbaik bagi pelaksanaan proklamasi ?
3) Sebutkan alasan bahwa kemerdekaan Indonesia bukan hadiah Jepang !
4) Bagaimanakah langkah pemerintah RI untuk membentuk lembaga-lembaga pemerintahan di berbagai daerah
5) Coba bacakan naskah Pembukaan UUD 1945 dengan secara langsung dan sikap yang baik !
 Tugas rumah menyiapkan simulasi Bung Karno dengan berpidato singkat di lapangan IKADA Jakarta
 Perintah tugas : Tirukan pidato Soekarno dengan bahasamu sendiri di depan kelas dalam waktu 3 menit !

Mengetahui, Purworejo. …………………
Kepala SMP /MTs ……………….. Guru Mata Pelajaran

……………………………. ……………………………
……………………………. ……………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP 5.2 )

Sekolah : SMP / MTs …………………
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VIII / 2
Alokasi Waktu : 3 x pertemuan (6 jam pelajaran )
Standar Kompetensi : 5. Memahami Usaha persiapan Kemerdekaan
Kompetensi Dasar : 5.2 Menjelaskan Proses persiapan Kemerdekaan Indonesia
Indikator :
• Menjelaskan alasan Jepang membentuk BPUPKI
• Mendeskripsikan secara kronologis proses penyu-sunan dasar dan konstitusi untuk Negara Indonesia yang akan didirikan
• Mengidentifikasi dibentuknya PPKI dan peranannya dalam proses persiapan kemerdekaan Indonesia

A Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai kegiatan pembelajaran siswa dapat :
1. Menjelaskan alasan Jepang membentuk BPUPKI
2. Mendeskripsikan secara kronologis proses penyu-sunan dasar dan konstitusi untuk Negara Indonesia yang akan didirikan
3. Mengidentifikasi dibentuknya PPKI dan peranannya dalam proses persiapan kemerdekaan Indonesia

B Materi Pembelajaran
1. Alasan Jepang membentuk BPUPKI
2. Menggambarkan secara kronologis proses penyusunan dasar dan konstitusi untuk Negara Indonesia yang akan didirikan
3. Proses dibentuknya PPKI dan peranannya dalam proses persiapan kemerdekaan Indonesia

C Metode Pembelajaran
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Inquiri
4. Tanya jawab
5. Simulasi
6. Observasi/pengamatan

D Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Materi : Alasan Jepang membentuk BPUPKI
a. Pendahuluan
 Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan keapihan kelas
 Motivasi dengan mengajukan pertanyaan misalnya :
1) Apakah kalian pernah mendengar BPUPKI ?
2) Siapakah yang membentuk BPUPKI ?
3) Apakah peranan BPUPKI dalam rangka persiapan kemerkadean Indonesia?
 Pengetahuan pra syarat
1) BPUPKI bertugas mempelajari dan menyusun ……………. ………….. Pembangunan pemerintahan Indonesia merdeka
2) Pembentukan badai ini berkaitan dengan hari kekaisaran Jepang
b. Kegiatan Inti
 Guru memandu siswa untuk melaksanakan diskusi, dan semua kelompok dipersilahkan mengatur tempat duduk, pembagian tugas berdiskusi dan menulis hasil diskusi
 Masing-masing kelompok mendiskusikan tentang : alasan Jepang membentuk BPUPKI
 Mempresentasikan hasil diskusi dari masing-masing kelompok
 Melakukan penilaian dari hasil pengamatan pelaksanaan dan presentasi
c. Penutup
 Membuat kesimpilan bersama-sama dari hasil diskusi
 Melakukan tes/pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas
 Memberikan tugas individual agar isiswa menuliskan latar belakang terbentuknya BPUPKI.

Pertemuan 2
Materi : Proses penyusunan dasar dan konstitusi untuk Negara Indonesia yang akan didirikan
a. Pendahuluan :
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
 Apersepsi : Diingatkan kembali pelajaran yang telah lalu yaitu tentang Berita Proklamasi Kemerdekaan
 Motivasi : ditampilkan gambar tokoh-tokoh pendiri Republik Indonesia misalnya Soekarno-Hatta, Mohammad Yamin
b. Kegiatan Inti
 Mengarahkan siswa untuk membaca buku dan mengamati gamber-gambar yang berkaitan dengan proses penyusunan dasar dan konstitusi untuk Negara Indonesia yang akan didirikan
 Guru membagi dalam kelompok-kelompok maksimal 5 orang siswa untuk berdiskusi membahas tentang hasil isi Sidang BPUPKI 1 Maret – Nopember 1945 dan PPKI (awal Agustus 1945)
 Tanya jawab cara-cara yang dilakukan untuk memutuskan hasil Agenda Sidang kedua lembaga tersebut.
 Memberikan tugas rumah untuk membuat sebuah karangan berpolitik ”Seandainya aku hidup di masa Proklamasi kemerdekaan 28 Agustus 1945 ” dengan ketentuan sebagai berikut :
1) Panjang karangan 4-5 paragraf 100-150 kata
2) Di tulis di atas kertas folio, menggunakan bolpoin tinta hits
3) Menggunakan ejaan yang benar

Pertemuan ke 3
a. Pendahuluan
 Apersepsi : Berdialog tentang kelemahan-kelemahan yang ada dalam BPUPKI
 Motivasi : Bahwa bentuk Negara kesatuan awalnya tidak merupakan pilihan pertama, ada pilihan bentuk negara lain misalnya : Negara kerajaan, negara Islam, atau federal akhirnya disetujui bentuk Negara Republik/Kesatuan.

b. Kegiatan Inti
 Mempresentasikan hasil pekerjaan rumah denganmenyruh 2 anak untuk membawaknya di depan kelas.
 Guru membagi dalam kelompok maksimal 5 orang kemudian memberi tugas untuk menyebutkan 6 peranan PPKI dalam melakukan sidang secara berkala.
 Mempresentasikan hasil diskusi masing-masing kelompok
 Mengadakan pengamatan terhadap jalannya diskusi

E Sumber Belajar
1. Buku Sejarah pengangan siswa dan buku referensi
2. Foto-foto tokoh kemerdekaan

F Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tulis
b. Penugasan
c. Simulasi
d. Observasi
2. Bentuk Instrumen
a. Tes uraian
b. Tes unjuk kerja
c. Simulasi rubrik
d. Lembar observasi
3. Soal Penilaian
Jawablah dengan jelas !
Tes Tertulis
1. Mengapa peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia dianggap sebagai momentum punck perjuangan bangsa Indonesia ?
2. Tuliskan masing-masing tiga tokoh golongan tua dan golongan muda !
3. Jelaskan tugas BPUPKI !
4. Mengapa pada umumnya peran pemuda tidak mau bergabung dengan PPKI ?
5. Gambarkan sikap bangsa Indonesia dalam merespon berita proklamasi kemerdekaan !

Penugasan (tersirat pada pertemuan 2)
Tugas Observasi
Mengawasi dan membuat laporan pada jalnnya peringatan proklamasi 28 Agusutus

Lembar Penilaian
NO Nama Siswa Aspek yang dimiliki Jumlah skor Nilai
1 2 3 4 5 6 7
1.
2.
dst

Keterangan aspek yang dinilai skor
1. Pemilihan obyek secara benar 4
2. Prosedur dan data observasi lingkungan 4
3. Penulisan laporan tertulis/diketik 4
4. Sistematika laporan benar 4
5. Sistematika laporan benar 4
Jumlah skor maksimum 20
Nilai = skor peolehan : 2

Mengetahui, Purworejo. …………………
Kepala SMP /MTs ……………….. Guru Mata Pelajaran

……………………………. ……………………………
……………………………. ……………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP 6.1 )

Sekolah : SMP / MTs …………………
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VIII / 2
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit ( 3 x pertemuan )
Standar Kompetensi : 6. Memahami pranata dan penyimpangan sosial
Kompetensi Dasar : 6. 1 Mendeskripsikan bentuk-bentuk hubungan sosial
Indikator :
• Mengidentifikasi bentuk-bentuk hubungan sosial
• Mengidentifikasi faktor-faktor pendorong terjadinya hubungan sosial
• Mengidentifikasi dampak-dampak hubungan sosial

A Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran siswa dapat :
1. Mengidentifikasi bentuk-bentuk hubungan sosial
2. Mengidentifikasi faktor-faktor pendorong terjadinya hubungan sosial
3. Mengidentifikasi dampak-dampak hubungan sosial

B Materi Pembelajaran
1. Bentuk-bentuk hubungan sosial
2. Faktor-faktor pendorong terjadinya hubungan sosial
3. Dampak-dampak hubungan sosial

C Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Tanya jawab
4. Inquiry
5. Kerjasama

D Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
a. Kegiatan Pendahuluan
 Apersepsi : Guru menjelaskan bahwa manusia adalah makhluk sosial
 Motivasi : Guru menjelaksan bahwa setiap manusia membutuhkan orang lain
b. Kegiatan Inti
 Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok diskusi
 Setiap kelompok membaca buku sumber dan mengamati gambar bentuk-bentuk hubungan sosial
 Kelompok yang mendapat giliran mempresentasikan hasil diskusi tentang bentuk-bentuk hubungan sosial
 Kelompok lain menanggapi
 Guru menyimpulkan

c. Kegiatan Penutup
 Tes tulis
 Refleksi

Pertemuan 2
d. Kegiatan Pendahuluan
 Apersepsi : Guru bertanya apakah dapat manusia hidup sendiri tanpa bantuan orang lain ?
 Motivasi : Guru bertanya mengapa kita memerlukan orang lain dalam kehidupan kita ?
b. Kegiatan Inti
 Siswa berkumpul sesuai dengan kelompoknya
 Setiap kelompok membaca buku sumber tentang faktor-faktor pendorong terjadinya hubungan sosial
 Dalam setiap kelompok anggota saling tanya jawab tentang faktor-faktor pendorong terjadinya hubungan sosial
 Kelompok yang mendapat giliran mempresentasikan hasil
 Kelompok lain menanggapi
 Guru menyimpulkan
c Penutup
 Tes tertulis
 Refleksi

Pertemuan 3
a Kegiatan Pendahuluan
 Apersepsi : Guru bertanya tentang faktor-faktor pendorong terjadinya hubungan sosial
 Motivasi :
b Kegiatan Inti
 Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok diskusi
 Setiap kelompok membaca buku sumber
 Setiap kelompok berdiskusi tentang dampak-dampak hubungan sosial
 Kelompok yang mendapat giliran mempresentasikan hasil diskusi
 Kelompok lain menanggapi
 Guru menyimpulkan
c Kegiatan Penutup
 Tes tulis
 Refleksi

E Sumber dan Media Pembelajaran
1. Buku IPS krlas VIII yang relevan
2. Gam,bar-gambar dari mass media
3. LKS

F Penilaian
1. Teknik penilaian
a Tes tertulis
b Tes unjuk kerja

2. Bentuk Instrumen
a Tes isian/uraian
b Uji petik kerja prosedur
3. Soal tes uraian
a Sebutkan bentuk-bentk hubungan sosial!
b Sebutkan faktor-faktor pendorong terjadinya hubungan sosial !
c Jelaskan dampak-dampak hubungan sosial !

Lembar Penilaian Unjuk Kerja :
No Nama Siswa Aspek yang dinilai Jumlah skor Nilai
1 2 3 4
1
2
dst

Keterangan Aspek yang dinilai :
1. Keaktifan
2. Kerjasama
3. Bahasa (jelas, teliti, menarik)
4. Kesopanan (sikap)

Mengetahui, Purworejo. …………………
Kepala SMP /MTs ……………….. Guru Mata Pelajaran

……………………………. ……………………………
……………………………. ……………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP 6.2 )

Sekolah : SMP / MTs …………………
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VIII / 2
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit ( 3 x pertemuan )
Standar Kompetensi : 6. Memahami pranata dan penyimpangan sosial
Kompetensi Dasar : 6. 2 Mendeskripsikan pranata sosial dalam kehidupan masyarakat
Indikator :
• Mendeskripsikan peran pranata keluarga dalam pembentukan kepribadian l
• Mengidentifikasi fungsi pranata sosial
• Mengidentifikasi jenis-jenis pranata sosial

A Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran siswa dapat :
1. Menjelaskan peran pranata keluarga dalam pembentukan kepribadian
2. Mengidentifikasi fungsi pranata sosial
3. Mengidentifikasi jenis-jenis pranata sosial

B Materi Pembelajaran
1. Peran pranata keluarga dalam pembentukan kepribadian
2. Fungsi pranata sosial
3. Jenis-jenis pranata sosial

C Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Tanya jawab
4. Inquiry
5. Kerjasama

D Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
a. Kegiatan Pendahuluan
 Apersepsi : Guru bertanya apakah dalam keluargamu terdpat pranata-pranata
 Motivasi : Guru bertanya apakah fungsi pranata dalamkeluarga itu ?
b. Kegiatan Inti
 Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok diskusi
 Setiap kelompok membaca buku sumber
 Guru membagikan daftar pertanyaan tentang peran pranata keluarga dalam pembentukan kepribadian
 Kelompok yang mendapat giliran mempresentasikan hasil diskusi
 Kelompok lain menanggapi
 Guru menyimpulkan

c. Kegiatan Penutup
 Tes tulis
 Refleksi

Pertemuan 2
a. Kegiatan Pendahuluan
 Apersepsi : Guru menyajikan gambar-gambar bentuk hubungan sosial
 Motivasi : Guru bertanya mengapa dapat terjadi hubungan sosial ?
b. Kegiatan Inti
 Siswa berkumpul sesuai dengan kelompoknya
 Setiap kelompok membaca buku sumber
 Ssetiap kelompok berdiskusi membahas fungsi pranata sosial
 Kelompok yang mendapat giliran mempresentasikan hasil secara bergantian
 Kelompok lain menanggapi
 Guru menyimpulkan
c Penutup
 Tes tertulis
 Refleksi

Pertemuan 3
a Kegiatan Pendahuluan
 Apersepsi : Guru memancing pendapat siswa apakah terdpat pranata di dalam keluarga dan masyarakat ?
 Motivasi : Guru meminta siswa memberikan contoh-contoh pranata di dalam keluarga dan masyarakat
b Kegiatan Inti
 Semua siswa membaca buku sumber
 Guru membuat tabel jenis-jenis pranata di papan tulis
 Siswa menyebutkan nama-nama negara, satu siswa satu negara
 Jawaban siswa yang salah atau sama dengan siswa yang lain maju ke depan mengisi tabel di papan tulis
 Guru menambahkan hal-hal yang masih kurang melalui tanya jawab
 Guru menyimpulkan
c Kegiatan Penutup
 Tugas rumah : mencari gambar-gambar di media massa tentang pranata sosial

E Sumber dan Media Pembelajaran
1. Buku IPS krlas VIII yang relevan
2. Gambar-gambar dari mass media
3. LKS

F Penilaian
1. Teknik penilaian
a Tes tertulis
b Tes unjuk kerja
2. Bentuk Instrumen
a Tes isian/uraian
b Uji petik kerja prosedur

3. Soal tes uraian
a Jelaskan pengertian pranata sosial!
b Sebutkan fungsi pranata sosial !
c Sebutkan pranat-pranata sosial yang berlaku di dalam keluargamu !

Lembar Penilaian Unjuk Kerja (Diskusi) :
No Nama Siswa Aspek yang dinilai Jumlah skor Nilai
1 2 3 4
1
2
dst

Keterangan Aspek yang dinilai :
1. Keaktifan
2. Kerjasama
3. Bahasa (jelas, teliti, menarik)
4. Kesopanan (sikap)

Mengetahui, Purworejo. …………………
Kepala SMP /MTs ……………….. Guru Mata Pelajaran

……………………………. ……………………………
……………………………. ……………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP 6.3 )

Sekolah : SMP / MTs …………………
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VIII / 2
Standar Kompetensi : 6. Memahami pranata dan penyimpangan sosial
Kompetensi Dasar : 6. 3 Mendeskripsikan upaya pengendalian penyimpangan sosial
Indikator :
• Mengidentifikasi jenis pengendalian penyimpangan sosial
• Menguraikan peran lembaga-lembaga sosial
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit ( 3 x pertemuan )

A Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran siswa dapat :
1. Mengidentifikasi jenis pengendalian penyimpangan sosial
2. Menjelaskan peran lembaga keluarga dan lembaga pendidikan dalampengendalian sosial
3. Menjelaskan peran lembaga keagamaan dan lembaga pemerintahan (Dalam hal ini Kepolisian) dalam pengendalian sosial

B Materi Pembelajaran
1. Jenis-jenis pengendalian penyimpangan sosial
2. Peran lembaga keluarga dan lembaga pendidikan
3. peran lembaga pemerintahan dan lembaga keagamaan dalam pengendalian sosial

C Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Tanya jawab
4. Inquiry
5. Kerjasama

D Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
b. Kegiatan Pendahuluan
 Apersepsi : Guru bertanya apakah yang akan terjadi bila di dunia ini tidak terdpat pranata sosial ?
 Motivasi : Guru menerangkan pentingnya pengendlaian sosial
c. Kegiatan Inti
 Siswa membaca buku sumber
 Siswa berkumpil dalam beberapa kelompok
 Dalam kelompok masing-masing anggota saling tanya jawab tentang jenis-jenis pengendalian sosial
 Kelompok yang ditunjuk mempresentasikan hasil diskusi
 Kelompok lain menanggapi
 Guru menyimpulkan
d. Kegiatan Penutup
 Tes tulis
 Refleksi

Pertemuan 2
a. Kegiatan Pendahuluan
 Apersepsi : Guru bertanya apabila kamu melanggar tata tertib apakah sanksi yang akan kamu peroleh ?
 Motivasi : Guru menerangkan bahwa itulah salah satu peran lembaga pendidikan
b. Kegiatan Inti
 Siswa membaca buku sumber
 Siswa dibagi dalam beberapa kelompok
 Maing-masing kelompok menjawab pertanyaan terbimbing yang sudah dibagikan oleh guru
 Kelompok yang mendapat undian mempresentasikan hasil secara bergantian
 Kelompok lain menanggapi
 Guru menyimpulkan
c Penutup
 Tes tertulis
 Refleksi

Pertemuan 3
a Kegiatan Pendahuluan
 Apersepsi : Guru bertanya apabila ada seseorang yang melanggar peraturan lalu lintas, sanksi apakah yang akan ia dapatkan ?
 Motivasi : Guru menerangkan itulah peran lembaga Kepolisian
b Kegiatan Inti
 Semua siswa membaca buku sumber
 Siswa berkumpul sesuai dengankelompoknya
 Maing-masing kelompok menjawab pertanyaan terbimbing yang sudah dibagikan oleh guru
 Kelompok yang mendapat undian mempresentasikan hasil secara bergantian
 Kelompok lain menanggapi
 Guru menyimpulkan
c Kegiatan Penutup
 Tes tertulis
 Refleksi

E Sumber dan Media Pembelajaran
1. Buku IPS krlas VIII yang relevan
2. mass media
3. LKS

F Penilaian
1. Teknik penilaian
a Tes tertulis
2. Bentuk Instrumen
a Tes isian/uraian

3. Soal tes uraian
a Jelaskan tentang pengendalian sosial yang bersifat preventif !
b Jelaskan peran lembaga keluarga dalam pengendalian sosial !
c Jelaskan peran lembaga Kepolisisan dalam pengendalian sosial !

Mengetahui, Purworejo. …………………
Kepala SMP /MTs ……………….. Guru Mata Pelajaran

……………………………. ……………………………
……………………………. ……………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P 7.1 )

Sekolah : SMP / MTs …………………
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VIII / 2
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit ( 3 x pertemuan )
Standar Kompetensi : 7. Memahami kegiatan perekonomian Indonesia
Kompetensi Dasar : 7.1 Mendeskripsikan permasalahan angkatan kerja dan tenaga kerja sebagai sumber daya dalam kegiatan ekonomi serta peranan pemerintah dalam upaya penanggulangannya
Indikator : – Menjelaskan pengertian tenaga kerja, angkatan kerja dan kesempatan kerja
– Menganalisis hubungan antara jumlah penduduk, angkatan kerja, kesempatan kerja dan pengangguran
– Mengidentifikasi permasalahan dasar yang berhubungan dengan tenaga kerja di Indonesia (jumlah, mutu, persebaran dan angka pengangguran)
– Mengidentifikasi dampak pengangguran terhadap keamanan lingkungan
– Mengidentifikasi peningkatan mutu tenaga kerja
– mengidentifikasi peranan pemerintah dalam mengatasi masalah tenaga kerja di Indonesia

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran siswa dapat :
1. Menjelaskan pengertian tenaga kerja
2. Menjelaskan pengertian angkatan kerja
3. Menjelaskan pengertian kesempatan kerja
4. Menganalis hubungan antar jumlah penduduk, angkatan kerja, kesempatan kerja, dan pengangguran
5. Mengidentifikasi permasalahan dasar yang berhubungan dengan tenaga kerja di Indonesia
(jumlah,mutu,persebaran dan angka pengangguran)
6. Mengidentifikasi dampak pengangguran terhadap keamanan lingkungan
7. Mengidentifikasi peningkatan mutu tenaga kerja
8. Mengidentifikasi peranan pemerintah dalam mengatasi masalah tenaga kerja di Iindonesia

B. Materi Pembelajaran
1. Pengertian tenaga kerja, angkatan kerja, dan kesempatan kerja
2. Hubungan antar jumlah penduduk, angkatan kerja, kesempatan kerja
3. Permasalahan tenaga kerja di Indonesia
4. Dampak pengangguran terhadap keamanan lingkungan
5. Peningkatan mutu tenaga kerja
6. Peranan pemerintah dalam mengatasi masalah tenaga kerja

C. Metode pembelajaran
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Tanya jawab
4. Studi pustaka
5. Observasi/pengamatan

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
a. Pendahuluan
– Apersepsi : Tulislah cita-citamu !
Adakah anggota keluargamu yang belum bekerja ?
– Motivasi : Siswa diminta menceriterakan cita-citanya pada temannya, kemudian ditanya Kamu ingin bekerja di bidang apa ?
Bagaimana usaha kamu untuk meraih cita-citamu ?
Siswa diminta menceriterakan pekerjaan orang tuanya
Siswa diminta menceriterakan pekerjaan anggota keluarga lainnya
b. Kegiatan Inti :
– Siswa dibagi dalam 3 kelompok
– Setiap kelompok diberi tugas menjelaskan :
* Kelompok 1 : Tenaga kerja terdidik
* Kelompok 2 : Tenaga kerja tidak terdidik
* Kelompok 3 : Tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terlatih
– Setiap kelompok mencatat hasil diskusi
– Setiap kelompok harus mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
– Tanya jawab tentang jenis-jenis tenaga kerja
– Ceramah bervariasi tentang angkatan kerja
– Tanya jawab tentang angkatan kerja
c. Penutup
– Penilaian
– Refleksi : siswa mampu menjelaskan perbedaan tenaga kerja terdidik, tidak terdidik dan
tidak terlatih
siswa menyimpulkan pengertian angkatan kerja

Pertermuan 2
a. Pendahuluan :
– Apersepsi : Lihat aktifitas orang di sekitar tempat tinggalmu ?
Berapa jumlah penduduk Indonesia saat ini ?
– Motivasi
a. Catat berapa orang yang bekerja !
b. Catat berapa orang yang tidak bekerja !
c. Ceriterakan orang di sekitar tempat tinggalmu yang bekerja sesuai keahliannya!
d. Ceriterakan orang di sekitar tempat tinggalmu yang bekerja tidak sesuai keahliannya!
b. Kegiatan inti :
– Guru membawa kliping kesempatan kerja dan iklan lowongan kerja dari surat kabar
– Siswa menganalisis kliping dan iklan tersebut.
– Tanya jawab kesempatan kerja
– Tanya jawab tentang hubungan jumlah penduduk, angkatan kerja, kesempatan kerja, dan pengangguran
c. Penutup :
– Penilaian :
– Refleksi : siswa menyimpulkan pengertian kesmpatan kerja
siswa mnyimpulan hubungan jumlah penduduk, angkatan kerja, kesempatan kerja, dan pengangguran

Pertemuan 2
a. Pendahuluan
– Apersepsi :
a. Berapa jumlah orang yang tidak bekerja di sekitar rumahmu ?
b. Amati perbandingan usia produktif antara orang yang bekerja dengan orang yang tidak
bekerja di daerah sekitar !
– motivasi :
a. Catatlah penyebab pengangguran yang ada di sekitarmu !
b. Ceriterakan orang di sekitar tempat tinggalmu yang bekerja tidak sesuai dengan
keahliannya !
c. Catatlah dan bandingkan dalam prosentase angka pengangguran usia produktif di
daerah sekitarmu !
b. Kegiatan Inti
– Guru membentuk 4 kelompok
– Setiap kelompok diberi tugas mendiskusikan penyebab dan jenis-jenis pengangguran
– Setiap kelompok mencatat hasil diskusi
– Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi
– Tanya jawab tentang permasalahan dasar yang berhubungan dengan tenaga kerja di Indonesia
c. Penutup
– Penilaian
– Siswa menyimpulkan penyebab dan jenis-jenis pengangguran kesempatan kerja dan penggangguran dan mampu menjelaskan permasalahan dasar yang berhubungan dengan tenaga kerja di Indonesia

Pertemuan 3
a. Pendahuluan
– Apersepsi : Amati usia produktif yang tidak bekerja !
Amankah di daerahmu ?
– Motivasi : Catatlah persebaran penduduk usia produktif yang tidak bekerja di sekitar
tempat tinggalmu !
Lihat dan catat kegiatan pengangguran di daerahmu !

b. Kegiatan Inti
– Ceramah bervariasi
– Tanya jawab persebaran dan angka pengangguran di setiap daerah di Indonesia yang tidak sama
– Mencatat dari buku sumber/ceramah tentang persebaran dan angka pengangguran berdasarkan angka pengangguran tertinggi
– Siswa dibagi menjadi 5 kelompok
– Setiap kelompok diberi tugas mendiskusikan dampak pengangguran
– Setiap kelompok mencatat hasil diskusi
– Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi
c. Penutup
– Penilaian
– Refleksi : Siswa mampu menyimpulkan daerah dan angka pengangguran tertingi
Siswa mampu menjelaskan dampak pengangguran
Pertemuan 3
a. Pendahuluan
– Apersepsi
– Banyakkah tenaga kerja di sekitarmu ?
– Pernahkah pejabat berkunjung di daerahmu ?
– Motivasi
– Catat berapa tenaga kerja terdidik di sekitarmu !
– Catat apa saja usaha-usaha pemerintah yang dilakukan di daerahmu untuk
mengentaskan pengangguran !
b. Kegiatan Inti
– Siswa dibagi menjadi 6 kelompok
– Setiap kelompok diberi tugas mendiskusikan cara meningkatkan mutu tenaga kerja di Indonesia
– Setiap kelompok mencatat hasil diskusi
– Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi
– Tanya jawab tentang peranan pemerintah dalam mengatasi masalah tenaga kerja
c. Penutup
– Penilaian
– Refleksi : Siswa mampu menjelaskan cara-cara untuk meningkatkan mutu tenaga kerja di Indonesia
Siswa mampu menjelaskan cara-cara untuk mengatasi pengangguran di Indonesia

E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Klipping 4. Lembar Penilaian
2. Buku Sumber 5. Kertas HVS
3. Surat kabar 6. OHP

F. Penilaian
1. Teknik penilaian
a. tes tertulis
b. tes lesan
2. Bentuk instrumen
a. tes uraian
b. tes identifikasi
3. Soal/instrumen :
a. tes tertulis
1. Jelaskan pengertian tenaga kerja !
2. Jelaskan pengertian angkatan kerja !
3. Jelaskan pengertian kesempatan kerja !

4. Bagaimanakah hubungan antara jumlah penduduk, angkatan kerja, kesempatan kerja dan pengangguran!
5. Sebutkan jenis-jenis pengangguran !
6. Sebutkan dampak negatif pengangguran !
7. Jelaskan cara meningkatkan mutu tenaga kerja !
8. jelaskan peran pemerintah dalam mengatasi masalah tenaga kerja !
b. Tes identifikasi:
o Catat hasil pengamatan tentang angka pengangguran dan persebarannya di daerah tempat
o tinggalmu dalam bentuk tabel. Diurutkan dari daerah dengan angka pengangguran tertinggi !

Mengetahui, Purworejo. …………………
Kepala SMP /MTs ……………….. Guru Mata Pelajaran

……………………………. ……………………………
……………………………. ……………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah : SMP / MTs …………………
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VIII / 2
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran ( 3 x pertemuan )
Standar Kompetensi : 7 Memahami kegiatan perekonomian di Indonesia
Kompetensi Dasar : 7.2 Mendeskripsikan pelaku-pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia
Indikator :
• Mendeskripsikan arti sistem perekonomian dan macam-macamnya
• Mengidentifikasi kebaikan dan kelemahan macm-macam sistem ekonomi
• Mengidentifikasi ciri-ciri utama perekoniman Indonesia
• Mengidentifikasi kebaikan dan kelemahan sistem perekonomian Indonesia

A Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran siswa dapat :
1. Menjelaskan arti sistem perekonomian
2. Menjelaskan macam-macam sistem perekonomian
3. Mengidentifikasi kebaikan macam-mamcam sistem perekonomian
4. Mengidentifikasi kelemahan macam-mamcam sistem perekonomian
5. Mengidentifikasi ciri-ciri utama perekonomian Indonesia
6. Mengidentifikasi ciri-ciri negatif yang harus dihindarkan dalam sistem perekonomian Indonesia
7. Mengidentifikasi kebaikan sistem perekonomian Indonesia
8. Mengidentifikasi kelemahan sistem perekonomian Indonesia

B Materi Pembelajaran
1. Sistem perekonomian Indonesia
2. Pelaku-pelaku kegiatan perekonomian
3. Ciri-ciri utama perekonomian Indonesia
4. Kebaikan dan kelemahan perekonomian Indonesia

C Metode Pembelajaran
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Studi pustaka
4. Tanya jawab
5. Observasi / pengamatan

D Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
a. Pendahuluan :
 Apersepsi : Apa yang kamu ketahui tentang sistem perekonomian ?
 Motivasi : apa yang kamu ketahui tentang perekonomian dari buku atau media lainnya
b. Kegiatan Inti :
 Siswa dibagi dalam 5 kelompok
 Setiap kelompok diberi tugas :
a) Kelompok 1 dan 2 mendiskuisikan sistem perekonomian
b) Kelompok 3 mendiskusikan sistem ekonomi liberal
c) Kelompok 4 mendiskusikan sistem ekonomi sosial
d) Kelompok 5 mendiskusikan sistem ekonomi campuran
 Setiap kelompok mencatat hasil diskusi
 Setiap kelompok harus mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
c. Penutup :
 Penilaian
 Refleksi : Siswa mampu menyimpulkan arti dan macam-macam sistem perekonomian

Pertemuan 2
a. Pendahuluan :
 Appersepsi : Berikan contoh kemajuan ekonomi di Jepang !
 Motivasi :
1) Coba renungkan seandaimya perekonomian Indonesia bisa setara dengan Jepang !
2) Apa yang harus kita lakukan agar setara dengan Jepang ?
b. Kegiatan Inti :
 Ceramah bervariasi dan tanya jawab tentang kebaikan dan kelemahan sistem perekonomian yang ada di dunia
 Dengan membaca literatur/buku sumber siswa diminta mencatat contoh negara-negara dengan sistem perekonomian yang dianut
c. Penutup :
 Penilaian
 Refleksi : Siswa mampu menjelaskan kelebihan dan kelamahan masing-masing sistem perekonomian

Pertemuan 2
a. Pendahuluan
 Appersepsi : Menurut kalian Indonesia cocok menggunakan sistem perekonomian yang mana ?
 Motivasi :
1) Coba analisa kebaikan dan kelemahan sistem perekonomian !
2) Kearah manakah sistem perekonomian Indonesia sekarang ?
b. Kegiatan Inti :
 Siswa membaca bermacam literatur ataupun melakukan observasi di lapangan secara langsung untuk mengetahui sistem perekonomian yang dilaksanakan.
 Guru dan siswa melakukan tanya jawab
c. Penutup :
 Penilaian :
 Refleksi : Siswa mampu menjelaskan sistem perekonomian yang digunakan di Indonesia.

Pertemuan 3
a. Pendahuluan :
 Apersepsi : Bagaimanakah perekonomian Indonesia sekarang ?
 Motivasi :
1) Coba catat angka pertumbuhan ekonomi Indonesia dari tahun 2000-2005 !
2) Bagaimanakah laju pertumbuhannya ?
b. Kegiatan Inti :
 Tanya jawab kelebihan dan kelemahan ekonomi kerakyatan
 Guru dan siswa melakukan tanya jawab contoh kelebihan dan kelemahan sistem ekonomi kerakyatan
c. Penutup :
 Penilaian
 Refleksi : Siswa mampu menunjukkan kelebihan dan kelemahan sistem ekonomi kerakyatan

E. Sumber dan Media Pembelajaran
2. Buku IPS yang relevan
3. Surat kabar
4. OHP
5. Literatur yang relevan
6. Kertas HVS

F. Penilaian
1. Teknik penilaian :
a. Tes tertulis
b. Tes lesan
2. Bentuk Instrumen :
a. Tes uraian
b. Tes identifikasi
3. Soal/instrumen :
a. Tes tertulis
1. Jelaskan arti sistem perekonomian Indonesia !
2. Sebutkan macam-macam sistem perekonomian !
3. Sebutkan kebaikan sistem perekonomian :
a. Liberal b. Sosial c. Campuran/Gabungan
4. Sebutkan kelemahan sistem perekonomian :
a. Liberal b. Sosial c. Campuran/Gabungan
5. Sebutkan ciri-ciri positif sistem perekonomian Indonesia !
6. Sebutkan ciri-ciri negatif perekonomian Indonesia yang harus dihindarkan dalam sistem ekonomian kerakyatan !
7. Sebutkan kebaikan sistem ekonomi kerakyatan !
8. Sebutkan kelemahan sistem ekonomi kerakyatan !

b. Tes Identifikasi :
Buatlah tabel negara beserta sistem perekonomian yang dianut dan masing-masing tunjukkan keberhasilan/kebaikan dari sistem perekonomian yang dianut !

Mengetahui, Purworejo. …………………
Kepala SMP /MTs ……………….. Guru Mata Pelajaran

……………………………. ……………………………
……………………………. ……………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P : 7.3 )

Sekolah : SMP / MTs …………………
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VIII / 2
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit ( 3 x pertemuan )
Standar Kompetensi : 7. Memahami kegiatan perekonomian Indonesia
Kompetensi Dasar : 7.3 Mendeskripsikan fungsi pajak dalam perekonomian Nasional
Indikator : – Mendefenisikan pengertian pajak dan retribusi
– Mengidentifikasi sifat dan penetapan pajak
– Membedakan pajak langsung dengan pajak tidak langsung
– Menjelaskan pajak pusat dengan pajak daerah beserta contohnya
– Mengidentifikasi unsur-unsur pajak
– Menjelaskan fungsi pajak dan peranan pajak dalam kehidupan suatu negara
– Mengidentifikasi jenis-jenis pajak yang ditanggung oleh keluarga
– Mengidentifikasi sanksi-sanksi terhadap wajib pajak yang melalaikan kewajibannaya

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran siswa dapat :
1. Mendefenisikan pengertian pajak dan retribusi
2. Mengidentifikasi sifat dan penetapan pajak
3. Membedakan pajak langsung dengan pajak tidak langsung
4. Memjelaskan pajak pusat dengan pajak daerah beserta contohnya
5. Mengidentifikasi unsur-unsur pajak
6. Menjelaskan fungsi pajak dan peranan pajak dalam kehidupan suatu negara
7. Mengidentifikasi jenis-jenis pajak yang ditanggung oleh keluarga
8. Mengidentifikasi sanksi-sanksi terhadap wajib pajak yang melalaikan kewajibannaya

B. Materi Pembelajaran
1. Pengertian pajak dan retribusi
2. Sifat dan penetapan pajak
3. Pajak langsung dan pajak tidak langsung
4. Pajak pusat dan pajak daerah beserta contohnya
5. Unsur-unsur pajak
6. Fungsi pajak dan peranan pajak dalam kehidupan suatu negara
7. Jenis-jenis pajak yang ditanggung oleh keluarga
8. Sanksi-sanksi terhadap wajib pajak yang melalaikan kewajibannaya

C. Metode Pembelajaran
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Tanya jawab

D. Langkah-langkah Kegiatan pembelajaran
Pertemuan 1
a. Pendahuluan
– Apersepsi : Jelaskan perbedaan pajak dan retribusi !
– Motivasi : a. Siswa diminta menjelaskan pengertian pajak dan retribusi
b. Siswa diminta memberikan contoh pajak dan retribusi
b. Kegiatan Inti :
– Siswa dibagi dalam 4 kelompok
– Setiap kelompok diberi tugas yang berbeda yaitu :
* Kelompok 1 : pengertian pajak dan contohnya
* Kelompok 2 : pengertian retribusi dan contohnya
* Kelompok 3 : mengidentifikasi sifat pajak
* Kelompok 4 : mengidentifikasi penetapan tarif pajak
– Setiap kelompok mencatat hasil diskusi
– setiap kelompok harus mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
c. Penutup
– Penilaian
– Refleksi : siswa mampu menjelaskan pengertian pajak dan retribusi

Pertemuan 2
a. Pendahuluan
– Apersepsi : Jelaskan perbedaan pajak langsung dan tidak langsung !
– Motivasi : Siswa diminta menjelaskan perbedaan pajak langsung dan pajak tidak langsung
b. Kegiatan Inti :
– Ceramah bervariasi tentang pajak langsung dan tidak langsung
– Tanya jawab tentang contoh pajak langsung dan pajak tidak langsung
– Ceramah bervariasi tentang pajak pusat dan pajak daerah
– Tanya jawab tentang contoh pajak pusat dan pajak daerah
c. Penutup
– Penilaian
– Refleksi : a. siswa menyimpulkan perbedaan pajak langsung dan pajak tidak langsung
b. siswa menyimpulkan perbedaan pajak pusat dan pajak daerah

Pertemuan 3
a. Pendahuluan
– Apersepsi : Sebutkan fungsi dan peranan pajak bagi negara !
– Motivasi : Siswa diminta menyebutkan fungsi pajak dan peranan pajak bagi negara !
b. Kegiatan Inti :
– Siswa dibagi dalam 3 kelompok
– Setiap kelompok diberi tugas menjelaskan :
* Kelompok 1 : fungsi pajak bagi negara
* Kelompok 2 : peranan pajak bagi negara
* Kelompok 3 : mengidentifikasi sanksi-sanksi pajak
– Setiap kelompok mencatat hasil diskusi
– setiap kelompok harus mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas

c. Penutup
– Penilaian
– Refleksi : siswa mampu menyimpulkan fungsi dan peranan pajak bagi negara

Pertemuan 3
a. Pendahuluan
– Apersepsi : Berilah contoh pajak yang ditanggung orang tuamu !
– Motivasi : Siswa menceritakan macam-macam pajak yang ditanggung keluarga
b. Kegiatan Inti :
– Ceramah tentang jenis-jenis pajak yang ditanggung keluarga
– Tanya jawab tentang jenis-jenis pajak yang ditanggung keluarga
c. Penutup
– Penilaian
– Refleksi : siswa dapat menjelaskan tentang jenis-jenis pajak yang ditanggung keluarga

E. Sumber Belajar
1. Buku sumber
2. L K S
3. Kertas HVS

F. Penilaian
1. Teknik penilaian
a. tes tertulis
b. tes lesan

2. Bentuk instrumen
a. tes uraian
b. tes identifikasi

3. Soal instrumen
a. Tes tertulis : 1. Jelaskan pengertian pajak dan retribusi !
2. Sebutkan sifat dan penetapan tarif pajak !
3. Sebutkan dan jelaskan unsur-unsur pajak !
4 Jelaskan perbedaan pajak langsung dan pajak tidak langsung !
5. Jelaskan perbedaan pajak pusat dan pajak daerah !
6. Jelaskan fungsi dan peranan pajak bagi negara !
7. Sebutkan jenis-jenis pajak yang ditanggung keluarga !
8. Sebutkan sanksi-sanksi terhadap wajib pajak yang melalaikan kewajibannya !
b. Tes identifikasi : catat hasil diskusi kelompok !
Lembar Penilaian
No
Nama Siswa Aspek yang dinilai Jum-lah skor Nilai
Keaktifan Kerja sama Materi Sikap
1.
2.
3.
4.
Skor nilai 0 – 10

Mengetahui, Purworejo. …………………
Kepala SMP /MTs ……………….. Guru Mata Pelajaran

……………………………. ……………………………
……………………………. ……………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP 7.4 )

Sekolah : SMP / MTs …………………
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VIII / 2
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit (3 x pertemuan)
Standar Kompetensi : 7. Memahami kegiatan perekonomian Indonesia
Kompetensi Dasar : 7.4 Mendeskripsikan permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga pasar
Indikator : – Mendeskripsikan pengertian dan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan barang/jasa.
– Menjelaskan hubungan antara permintaan barang/jasa dengan harga barang/jasa tersebut
– Mendefenisikan hukum permintaan
– Menjelaskan tentang berlakunya hukum permintaan itu ceteris paribus
– Mendefenisikan pengertian penawaran dan faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran barang/jasa.
– Mengidentifikasi keterkaitan antara penawaran dengan harga barang yang ditawarkan
– Mendeskripsikan kurve penawaran
– Menjelaskan pengertian harga
– Mendeskripsikan macm-macam harga (termasuk harga yang diutetapkan pemerintah)
– Mengidentifikasi hubungan antara permintaan dengan penawara yang digambarkan dalam bentk kurve harga keseimbangan

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran siswa dapat :
1. Menjelaskan pengertian permintaan barang/jasa
2. Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan barang/jasa.
3. Menjelaskan hubungan antara permintaan barang/jasa dengan harga barang/jasa tersebut
4. Mendefenisikan hukum permintaan
5. Menjelaskan cara membuat kurve permintaan
6. Menjelaskan tentang berlakunya hukum permintaan itu ceteris paribus
7. Mendefenisikan pengertian penawaran
8. Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran barang/jasa.
9. Mengidentifikasi keterkaitan antara penawaran dengan harga barang yang ditawarkan
10. Mendefenisikan hukum penawaran
11. Menjelaskan cara membuat kurve penawaran
12. Menjelaskan pengertian harga
13. Mendefinisikan macm-macam harga (termasuk harga yang diutetapkan pemerintah)
14. Mengidentifikasi hubungan antara permintaan dengan penawara yang digambarkan dalam bentuk kurve harga

B. Materi pembelajaran
1. Pengertian dan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan barang/jasa
2. Permintaan pada barang/jasa
3. Hukum permintaan
4. Kurve permintaan
5. Pengertian dan faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran barang/jasa
6. Keterkaitan antara penawaran dengan harga barang yang ditawarkan
7. Kurve penawaran
8. Pengertian harga
9. Terbentuknya harga
10. Macam-macam harga (termasuk harga yang ditetapkan pemerintah )
11. Hubungan antara permintaan dengan penawaran yang digambarkan dalam bentuk kurve harga keseimbangan

C. Metode Pembelajaran
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Tanya jawab

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
a. Pendahuluan
– Apersepsi : Apa yang kamu ketahui tentang permintaan ?
– Motivasi : mengajukan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan permintaan
b. Kegiatan Inti :
– Guru menjelaskan tentang pengertian permintaan dan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan
– Guru memandu siswa untuk melaksanakan diskusi tentang permintaan dan hukum permintaan.
– Siswa dibagi dalam 4 kelompok
– Setiap kelompok mencatat hasil diskusi
– Setiap kelompok harus mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
– Guru menjelaskan cara dan memberi contoh membuat kurve permintaan
c. Penutup
– Penilaian : dengan bimbingan guru masing-masing kelompok membuat kesimpulan
– Refleksi : siswa mampu merefleksikan pembelajaran melalui penugasan

Pertemuan 2
a. Pendahuluan
– Apersepsi : menanyakan kembali materi pelajaran yang lalu
– Motivasi : Apa yang kamu ketahui tentang ceteris paribus !
b. Kegiatan Inti
– Ceramah bervariasi dan tanya jawab tentang ceteris paribus
– Guru membagi siswa dalam kelompok maksimal 4 orang anggotanya untuk mendiskusikan tentang :
a. masalah penawaran dan faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran barang/jasa
b. hukum penawaran dan kurve penawaran
– Setiap kelompok mencatat hasil diskusi
– Setiap kelompok harus mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
c. Penutup
– Penilaian : melakukan pos tes yang berhubungan dengan materi di atas
– Refleksi : siswa mampu merefleksikan pembelajaran melalui penugasan.

Pertemuan 2
a. Pendahuluan :
– Apersepsi : Jelaskan pengertian harga !
– Motivasi : Jika kau berbelanja apakah kamu menawar terlebih dahulu ?
b. Kegiatan Inti ;
– Siswa dibagi dalam 8 kelompok
– Setiap kelompok diberi tugas mendiskusikan tentang pengertian harga, macam-macam harga, dan membuat kurve harga keseimbangan
– Setiap kelompok mencatat hasil diskusi
– Setiap kelompok harus mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
c. Penutup :
– Penilaian
– Refleksi : siswa mampu membuat kurve harga keseimbangan

Pertemuan 3
a. Pendahuluan :
– Apersepsi : Apa yang dimaksud dengan harga keseimbangan ?
– Motivasi : mengumpulkan tugas membuat kurve harga keseimbangan
b. Kegiatan Inti :
– Siswa diminta berpasangan dengan teman sebangku
– Siswa memperagakan proses jual beli barang/jasa
– Siswa memperagakan proses jual beli barang/jasa dengan satuan mata uang yang berbeda
c. Penutup
– Penilaian
– Refleksi : siswa mampu menjelaskan proses terjadinya harga keseimbangan/harga pasar

E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Buku IPS Ekonomi kelas VIII Penerbit Cempaka Putih
2. Guru
3. Kertas bergaris/HVS
4. Rubrik simulasi
5. Buku Ekonomi yang relevan

F. Penilaian
1. Teknik Penilaian :
a. Tes tertulis
b. Tes lisan
c. Tes unjuk kerja
d. Demonstrasi/simulasi

2. Bentuk Instrumen
a. Daftar pertanyaan
b. Tes isian singkat
c. Tes uraian
d. Simulasi rubrik
e. Tugas rumah

Rubrik Simulasi Jual Beli
No Nama Siswa Aspek yang dinilai/Rentang Nilai Jumlah skor Nilai Akhir

I II III IV
1-5 1-5 1-5 1-5 20 (20:25)x10=80
1
2
3

Keterangan aspek yang dinilai :
1. Keaktifan
2. Kerjasama
3. Penguasaan materi
4. Sikap

Mengetahui, Purworejo. …………………
Kepala SMP /MTs ……………….. Guru Mata Pelajaran

……………………………. ……………………………
……………………………. ……………………………

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s