RPP 1-7

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 1.1)

Sekolah : SMP / MTs …………………
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VII / 1
Alokasi Waktu : 16 jam pelajaran ( 8 x pertemuan )
Standar Kompetensi : 1. Memahami lingkungan kehidupan manusia
Kompetensi Dasar : 1.1. Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan dan dampaknya terhadap kehidupan
Indikator : * Mendeskripsikan proses alam endogen yang menyebabkan terjadinya berbagai bentukan dipermukaan bumi
• Mendeskripsikan gejala disatropisme dan vulkanisme serta sebaran tipe gunung api
• Mendeskripsikan faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi dan akibat yang ditimbulkan
• Mengidentifikasi jenis batuan berdasarkan proses pembentukannya
• Mendeskripsikan proses pelapukan
• Mendeskripsikan erosi dan faktor-faktor penyebab dan dampaknya
• Memberikan contoh bentukan yang dihasilkan oleh proses sedimentasi
• Menidentifikasi dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta upa penanggulangannya.

A. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1. Menjelaskan proses alam endogen yang menyebabkan terjadinya bentuk muka bumi
2. Menjelaskan gejala distropisme dan vulkanisme
3. Membedakan tipe-tipe gunung menurut bentuknya
4. Mnyebutkan faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi akibat yang ditimbulkan
5. Menyebytkan jenis batuan berdasarkan proses pembentukannya
6. Menjelaskan terjadinya proses p[elapukan
7. Menyebutkan faktor penyebab erosi dan dampak erosi
8. Memberikan contoh bentukan yang dihasilkan oleh proses sedimentasi
9. Menjelaskan dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen

B. MATERI PEMBELAJARAN :
1. Proses alam endogen terhadap pembentukan muka bumi
2. Gejala disatropisme dan vulkanisme
3. Tipe-tipe gunung menurut bentuknya
4. Faktor penyebab terjadinya gempa bumi
5. Jenis-jenis batuan menurut proses pembentukannya
6. Proses pelapukan
7. Faktor Penyebab terjadinya erosi
8. Hasil bentukan dari proses sedimentasi
9. Dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen

C. METODE PEMBELAJARAN :
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Inquary
4. Tanya jawab
5. Simulasi
6. Observasi / pengamatan

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Pertemuan 1 :
1. Pendahuluan
a. Apersepsi : Sebutkan nama gunung api yang pernah kalian lihat dan dengan
b. Motivasi : – Mengapa di dunia ini sering terjadi gempa bumi
– Apa akibatnya jika terjadi gempa bumi
2. Kegiatan Inti :
a. Salah satu siswa disuruh menjelaskan proses alam endogen yang menyebabkan terjadinya berbagai bentukan di permukaan bumi
b. Siswa dibagi menjadi 2 kelompok
Kelompok I : diberi tugas memberikan contoh faktor penyebab terjadinya bentukan muka bumi yang berasal dari luar / eksogen
Kelompok II : memberikan contoh penyebab terjadinya bentukan muka bumi yang berasal dari dalam / endogen
c. Setiap kelompok membuat hasil laporan dari diskusi kelompok
d. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan dan kelompok lain memberikan tanggapan
e. Tanya jawab tentang perbedaan faktor endogen dan eksogen
3. Penutup :
a. Penilaian
b. Refleksi : Siswa mengungkapkan kesulitan-kesulitan yang dihadapi dan dibahas

Pertemuan 2 :
1. Pendahuluan
a. Apersepsi : Contoh faktor endogen dan eksogen
b. Motivasi : Menceritakan tentang aktivitas gunung berapu akhir-akhir ini
2. Kegiatan Inti :
a. Menjelaskan pengertian diastropisme dan vulkanisme
b. Menjelaskan tipe-tipe gunung berapi
3. Penutup :
a. Penilaian
b. Refleksi : Siswa dapat mengungkapkan bentuk gunung menurut erupsinya

Pertemuan 3 :
1. Pendahuluan :
a. Apersepsi : Memberikan contoh gunung tipe kerucut di Indonesia
b. Motivasi : Menjelaskan faktor penyebab terjadinya gempa bumi
2. Kegiatan Inti :
a. Mendeskripsikan faktor terjadinya gempa bumi
b. Menyebutkan akibat gempa bumi
c. Menjelaskan jenis batuan berdasarkan proses pembentukannya
3. Penutup :
a. Penilaian
b. Refleksi : Siswa telah mampu menjelaskan berbagai macam jenis batuan

Pertemuan 4
1. Pendahuluan :
c. Apersepsi : Memberikan contoh gunung tipe kerucut di Indonesia
d. Motivasi : Menjelaskan faktor penyebab terjadinya gempa bumi
2. Kegiatan Inti :
– Mendeskripsikan faktor terjadinya gempa bumi
– Menyebutkan akibat gempa bumi
– Menjelaskan jenis batuan berdasarkan proses pembentukannya
4. Penutup :
a. Penilaian
b. Refleksi : Siswa telah mampu menjelaskan berbagai macam jenis batuan

Pertemuan 5
1. Pendahuluan :
a. Apersepsi : Guru memberikan gambar tentang proses pelapukan kepada siswa
b. Motivasi : Menanyakan tentang material yang dibawa air ketika tejadi banjir
2. Kegiatan Inti :
a. Kelas dibagi menjadi 4 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5 – 6 siswa
b. Setiap kelompok diberi tugas untuk mengamti bentuk-bentuk pelapukan yang ada dilingkungan sekolah
c. Setiap kelompok mencatat proses pelapukan yang ada dilingkungan sekolah untuk di diskusikan
d. Setelah melakukan diskusi, hasil kerja kelompok di presentasikan
e. Setiap kelompok melakukan presentasi, kelompok yang lain memberikan tanggapan
f. Setelah mendapatkan tanggapan, selanjutnya melakukan penyempurnaan hasil kerja kelompok
3. Penutup :
a. Penilaian
b. Refleksi : Siswa telah dapat membedakan berbagai jenis pelapukan berdasarkan faktor penyebabnya

Pertemuan 6
1. Pendahuluan :
a. Apersepsi : Guru menanyakan apakah disekitar tempat tinggal siswa ada sungai yang mengalir
b. Motivasi : Guru menunjukkan gambar muara sungai yang mengendapkan lumpur untukl diamati oleh siswa
2. Kegiatan Inti :
a. Kelas di bagi menjadi 4 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5 – 6 siswa
b. Setiap kelompok diberi tugas untuk mengamti bentuk-bentuk erosi yang disebabkan oleh air dan angin
c. Kelompok I dan III mendiskusikan faktor penyebab terjadinya erosi
d. Kelompok II dan IV mendiskusikan pengaruh erosi terhadap perubahan bentuk muka bumi
e. Setelah melakukan diskusi, hasil kerja kelompok dipresentasikan
f. Setiap kelompok melakukan presentasi, kelompok yang lain memberikan tanggapan
g. Setelah mendapatkan tanggapan, selanjutnya melakukan penyempurnaan hasil kerja kelompok
3. Penutup :
a. Penilaian
b. Refleksi : Siswa telah dapat menjelaskan faktor penyebab terjadinya erosi dan perubahan bentuk muka bumi

Pertemuan 7
4. Pendahuluan :
a. Apersepsi : Guru menanyakan apakah disekitar tempat tinggal siswa ada sungai yang mengalir
b. Motivasi : Guru menunjukkan gambar muara sungai yang mengendapkan lumpur untukl diamati oleh siswa
5. Kegiatan Inti :
a. Kelas di bagi menjadi 4 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5 – 6 siswa
b. Setiap kelompok diberi tugas untuk mengamti bentuk-bentuk erosi yang disebabkan oleh air dan angin
c. Kelompok I dan III mendiskusikan faktor penyebab terjadinya erosi
d. Kelompok II dan IV mendiskusikan pengaruh erosi terhadap perubahan bentuk muka bumi
e. Setelah melakukan diskusi, hasil kerja kelompok dipresentasikan
f. Setiap kelompok melakukan presentasi, kelompok yang lain memberikan tanggapan
g. Setelah mendapatkan tanggapan, selanjutnya melakukan penyempurnaan hasil kerja kelompok
6. Penutup :
a. Penilaian
b. Refleksi : Siswa telah dapat menjelaskan faktor penyebab terjadinya erosi dan perubahan bentuk muka bumi

Pertemuan 8
1. Pendahuluan :
a. Apersepsi : Siswa diminta menyebutkan akibat erosi terhadap muka bumi
b. Motivasi : Guru menampilkan gambar gunung meletus dan gempa bumi
2. Kegiatan Inti :
a. Kelas di bagi menjadi 4 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5 – 6 siswa
b. Setiap kelompok menerima tugas dari guru tentang dapak bentuk muka bumi karena tenaga endogen dan eksogen
– Kelompok mendiskusikan tugas yang diberikan oleh guru
– Setelah melakukan diskusi, hasil kerja kelompok dipresentasikan
– Setiap kelompok melakukan presentasi, kelompok yang lain memberikan tanggapan
– Setelah mendapatkan tanggapan, selanjutnya melakukan penyempurnaan hasil kerja kelompok
3. Penutup :
– Penilaian
– Refleksi : Siswa telah dapat menjelaskan dampak terjadinya adanya pengaruh tenaga endogen dan eksogen di muka bumi

E. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN :
1. Peta
2. Atlas
3. Globe
4. Kertas karton/HVS
5. Kerta penilaian Psikomotorik
6. Maket bentukan muka bumi
7. Buku Geografi yang relevan

F. PENILAIAN :
1. Teknik Penilaian
a. Tes Tertulis
b. Tes untuk kerja
2. Bentuk Instrumen
a. Tes Uraian
b. Tes Identifikasi
c. Uji petik kerja produk
3. Soal / Instrumen
Tes Uraian :
1) Apakah yang dimaksud dengan tenaga geologi dan berika contohnya !
2) Buatlah peta jalur gempa bumi yang ada di Indonesia
3) Berika 2 contoh jenis batuan sedimen !
4) Jelaskan proses pelapukan biologis !
5) Jelaskan pengertian abrasi !
6) Berikan 2 contoh bentang alam hasil sedimentasi yang disebsbkan oleh aliran air !
7) Jelaskan manfaat material vulkanik
8) Apakah yang dimaksud dengan intrusi magma !
9) Apakah yang dimaksud dengan ekstrusi magma !
10)

Tes Identifikasi :
– Carilah contoh batuan sedimen yang ada di sekitar tempat tinggalmu !

Uji petik kerja produk :
– Membuat maket bentukan muka bumi karena gerakan kerak bumi/diastropik

Mengetahui, Purworejo. …………………
Kepala SMP /MTs ……………….. Guru Mata Pelajaran

……………………………. ……………………………
……………………………. ……………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 1.2)

Sekolah : SMP / MTs …………………
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VII / 1
Alokasi Waktu : 12 jam pelajaran ( 4 x pertemuan )
Standar Kompetensi : 1. Memahami lingkungan kehidupan manusia
Kompetensi Dasar : 1.2.Mendeskripsikan kehidupan pada masa pra-aksara di Indonesia.
Indikator : – Menjelaskan pengertian dan kurun waktu masa pra – aksara
– Mengidentifikasi jenis- jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra- aksara
– Mendeskripsikan perkembangan kehidupan pada masa pra- aksara dan peralatan kehidupan yang dipergunakan.
– Mengidentiifikasi peninggalan – peninggalan kebudayaan pada masa pra-aksara.
– Melacak kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara dengan atlas sejarah.

A. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajarfan, siswa dapat :
1. Menjelaskan pengertian masa pra-aksara
2. Mendiskripsikan kronologi kurun waktu masa pra aksara
3. Mengidentifikasi jenis-jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra-aksara
4. Mendiskripsikan perkembangan kehidupan pada masa pra-aksara
5. Mengidentifikasi peralatan kehidupan yang dipergunakan pada masa pra-aksara
6. Mengidentifikasi peninggalan-peninggalan kebudayaan pada masa pra-aksara
7. Menjelaskan proses kedatangan nenek moyang bangsa Indonesia ke nusantara.
8. Menunjukkan pada peta tempat-tempat persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara.

B. MATERI PEMBELAJARAN :
1. Pengertian dan kurun waktu pra-aksara
2. Jenis-jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra –aksara
3. Perkembangan kehidupan pada masa pra-aksara.
4. Peninggalan –peninggalan kebudayaan.
5. Kedatangan nenek moyang dari Yunan tersebar di Nusantara.

C. METODE PEMBELAJARAN :
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Demonstrasi
4. Tanya jawab
5. Tugas

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Pertemuan I :
a. Pendahuluan
– Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
– Apersepsi : Diingatkan kembali pelajaran sejarah yang telah dipelajari
– Motivasi : Dijelaskan pentingnya mempelajari manusia yang hidup pada masa pra – aksara
b. Kegiatan Inti :
– Mengarahkan siswa untuk mendiskusikan tentang pengertian dan kurun waktu masa pra-aksara
– Siswa dibentuk dalam kelompok maksimal 5 orang
– Siswa mendiskusikan tentang pengertian dan kurun waktu masa pra-aksara
– Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi
– Kelompok lain memberi tanggapan (tanya jawab)
– Pada akhir diskusi, siswa diberi tugas membuat bagan kronologi kurun waktu masa pra-aksara
c. Penutup :
– Memberikan penguatan dari hasil tanya jawab maupun diskusi kelompok
– Membimbing siswa untuk memberikan refleksi
– Memberikan tes
– Memberikan tugas rumah untuk membuat bagan kronologi kurun waktu masa pra-aksara di Indonesia

Pertemuan 2 :
a. Pendahuluan :
– Apersepsi : Menanyakan materi yang telah lalu
– Motivasi : Menjelaskan perlunya mempelajari jenis-jenis manusia purba dan
perkembangan kehidupannya
b. Kegiatan Inti :
– Dibentuk kelompok, tiap kelompok 5 orang
– Diberi tugas membaca dan mengamati buku referensi yang relevan
– Diskusi tentang jenis-jenis manusia purba dan perkembangan kehidupannya baik di Indonesia maupun di luar Indonesia
– Hasil diskusi dipresentasikan oleh kelompok dan kelompok lain menanggapi
c. Penutup :
– Memberi penguatan dan menyimpulkan hasil diskusi
– Memberikan refleksi
– Memberikan tes singkat dan memberi tugas rumah

Pertemuan 3
a. Pendahuluan :
– Apersepsi : Menanyakan materi yang telah lalu
– Motivasi : Menjelaskan perlunya mempelajari jenis-jenis manusia purba dan
perkembangan kehidupannya
b. Kegiatan Inti :
– Dibentuk kelompok, tiap kelompok 5 orang
– Diberi tugas membaca dan mengamati buku referensi yang relevan
– Diskusi tentang jenis-jenis manusia purba dan perkembangan kehidupannya baik di Indonesia maupun di luar Indonesia
– Hasil diskusi dipresentasikan oleh kelompok dan kelompok lain menanggapi
c. Penutup :
– Memberi penguatan dan menyimpulkan hasil diskusi
– Memberikan refleksi
– Memberikan tes singkat dan memberi tugas rumah

Pertemuan 4
a. Pendahuluan :
– Apersepsi : Memberikan pertanyaan tentang materi terdahulu
– Motivasi : Menunjukkan gambar artefak pada masa pra aksara
b. Kegiatan Inti :
– Dibentuk kelompok, tiap kelompok 5 orang
– siswa membaca buku referensi dan mengamati gambar-gambar manusia purba
– Tiap kelompok mendiskusikan tentang jenis-jenis manusia purba dan perkembangan kehidupannnya baik di Indonesia maupun di luar Indonesia
– Hasil diskusi dipresentasikan oleh masing-masing kelompok dan kelompok lain men nanggapi
c. Penutup :
– Memberi penguatan dan menyimpulkan hasil diskusi
– Memberikan refleksi

Pertemuan 5
a. Pendahuluan :
– Apersepsi : Memberikan pertanyaan tentang materi terdahulu
– Motivasi : Menunjukkan gambar artefak pada masa pra aksara
b. Kegiatan Inti :
– Dibentuk kelompok, tiap kelompok 5 orang
– siswa membaca buku referensi dan mengamati gambar-gambar manusia purba
– Tiap kelompok mendiskusikan tentang jenis-jenis manusia purba dan perkembangan kehidupannnya baik di Indonesia maupun di luar Indonesia
– Hasil diskusi dipresentasikan oleh masing-masing kelompok dan kelompok lain men nanggapi
c. Penutup :
– Memberi penguatan dan menyimpulkan hasil diskusi
– Memberikan refleksi

Pertemuan 6
a. Pendahuluan :
– Apersepsi : Memberi pertanyaan materi telah lalu
– Motivasi : Siswa diajak menyanyikan lagu nenek moyangku
b. Kegiatan Inti :
– Dibentuk kelompok,masing-masing kelompok terdiri dari 5 siswa
– Diskusi tentang kedatangan nenek moyang dan membuat peta persebaran nenek moyang di Nusantara
– Hasil diskusi presentasikan dengan kelompok lain menanggapi
c. Penutup
– Memberi penguatan dan menyimpulkan hasil diskusi
– Memberikan refleksi
– Tugas rumah membuat peta persebaran nenek moyang
– Memberi tes singkat

E. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN :
1. Buku sejarah dan pegangan siswa dan buku referensi
2. Atlas Sejarah

F. PENILAIAN :
1. Teknik Penilaian
a. Tes Tertulis(terlampir)
b. Tes Penugasan(terlampir)
2. Bentuk Instrumen :
a. Tes Uraian
(1). Jelaskan pengertian zaman pra aksara !
(2). Jelaskan kurun waktu zaman pra-aksara secara kronologis !
(3). Sebutkan jenis-jenis manusia purba di Indonesia dan luar Indonesia !
(4). Jelaskan perkembangan kehidupan manusia purba !
(5). Sebutkan jenis peralatan dan peninggalan kebudayaan pada masa pra aksara !
(6). Sebutkan dan gambarkan rute persebaran kedatangan nenek moyang bangsa !
Indonesia
b. Tugas rumah membuat bagan kronologi kurun waktu masa pra aksara !

Lembar Penilaian :
No Nama Siswa Aspek Yang Dinilai Jumlah Skor Nilai
1 2 3 4
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.

dst
Keterangan aspek yang dinilai Skor Maksimum
1. Kerapian 2
2. Pewarnaan 2
3. Akurasi data 4
4. Ketepatan waktu 2
Jumlah 10

Jumlah skor maksimum 10
Nilai = Jumlah Skor

Mengetahui, Purworejo. …………………
Kepala SMP /MTs ……………….. Guru Mata Pelajaran

……………………………. ……………………………
……………………………. ……………………………
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 2.1)

Sekolah : SMP / MTs …………………
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VII / 1
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran ( 3 x pertemuan )
Standar Kompetensi : 2. Memahami kehidupan sosial manusia
Kompetensi Dasar : 2.1. Mendeskripsikan interaksi sebagai proses sosial
Indikator : * Menjelaskan kaitan interaksi sosial dengan proses sosial
• Menjelaskan pengaruh interaksi sosial kehidupan keselaran sosial

A. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1. Menjelaskan pengertian interaksi sosial
2. Menjelaskan pengertian proses sosial
3. Menjelaskan kaitan interaksi sosial dan proses sosial dalam kehidupan sehari-hari dilingkungan terdekat
4. Membedakan antara interaksi sosial dan proses sosial
5. Menyebutkan pengaruh interaksi sosial terhadap keselarasan sosial

B. MATERI PEMBELAJARAN :
1. Pengertian interaksi sosial
2. Pengertian proses sosial
3. Kaitan interaksi sosial dn proses sosial dalam kehidupan sehari-hari
4. Perbedaan interaksi sosial dan proses sosial
5. Pengaruh interaksi sosial terhadap keselarasan sosial

C. METODE PEMBELAJARAN :
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Inquiry
4. Tanya jawab
5. Simulasi
6. Observasi / pengamatan

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Pertemuan 1 :
1. Pendahuluan :
a. Apesepsi : Siswa memilih kawan yang memiliki hobi berbeda
b. Motivasi : Ditampilkan gambar keluarga kecil
2. Kegiatan Inti :
a. Siswa dibagi menjadi 2 kelompok
– Kelompok I : memperagakan interaksi dua arah melalui alat komukikasi
– Kelompok II : memperagakan proses interaksi dengan cara berdialog
b. Setiap kelompok membuat hasil laporan dari diskusi kelompok
c. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi didepan dan kelompok lain memberikan tanggapan
d. Tanya jawab tentang perbedaan faktorendogen dan eksogen
3. Penutup :
a. Penilaian
b. Refleksi : Siswa mengungkapkan kesulitan-kesulitan yang dihadapi dan dibahas pertemuan yang akan datang

Pertemuan 2
1. Pendahuluan :
c. Apesepsi : Siswa memilih kawan yang memiliki hobi berbeda
d. Motivasi : Ditampilkan gambar keluarga kecil
2. Kegiatan Inti :
 Siswa dibagi menjadi 2 kelompok
– Kelompok I : memperagakan interaksi dua arah melalui alat komukikasi
– Kelompok II : memperagakan proses interaksi dengan cara berdialog
 Setiap kelompok membuat hasil laporan dari diskusi kelompok
 Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi didepan dan kelompok lain memberikan tanggapan
 Tanya jawab tentang perbedaan faktorendogen dan eksogen
3. Penutup :
– Penilaian
– Refleksi : Siswa mengungkapkan kesulitan-kesulitan yang dihadapi dan dibahas pertemuan yang akan datang

Pertemuan 3
1. Pendahuluan :
a. Apesepsi : Contoh faktor endogen dan eksogen
b. Motivasi : Menceritakan tentang aktivitas gunung berapi akhir-akhir ini
2. Kegiatan Inti :
a. Menjelaskan pengertian diastropisme dan vulkanisme
b. Menjelaskan tipe-tipe gunung berapi
3. Penutup :
a. Penilaian
b. Refleksi : Siswa dapat mengungkapkan bentuk gunung menurut erupsinya

E. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN :
1. Peta
2. Atlas
3. Globe
4. Kertas karton / HVS
5. Kertas penilaian Psikomotorik
6. Maket bentukan muka bumi
7. Buku geografi yang relevan

F. PENILAIAN :
1. Teknik penilaian
a. Tes tertulis
b. Tes unjuk kerja
2. Bentuk Instrumen
a. Tes uraian
b. Tes indentifikasi
c. Uji petik kerja produk
3. Soal / Instrumen :
a. Tes Uraian :
b. Tes Identifikasi :
c. Uji petik kerja produk :

Mengetahui, Purworejo. …………………
Kepala SMP /MTs ……………….. Guru Mata Pelajaran

……………………………. ……………………………
……………………………. ……………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 2..2)

Sekolah : SMP / MTs …………………
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VII / 1
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran ( 3 x pertemuan )
Standar Kompetensi : 2. Memahami kehidupan sosial manusia
Kompetensi Dasar : 2.2. Mendiskripsikan Sosialisasi sebagai proses Pembentukan kepribadian
Indikator : o Menjelaskan pengertian dan pentingnya proses sosialisasi
o Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi sosialisasi
o Menguraikan fungsi sosialisasi dalam pembentukan kepribadian

A. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajarfan, siswa dapat :
1. Menjelaskan pengertian sosialisasi
2. Mengkaji penyebab terjadinya sosialisasi
3. Menjelaskan fungsi sosialisasi dalam pembentukan kepribadian

B. MATERI PEMBELAJARAN :
1. Pengertian dan tujuan sosialisasi
2. Faktor yang mempengaruhi sosialisasi
3. Fungsi sosialisasi dalam pembentukan kepribadian

C. METODE PEMBELAJARAN :
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Inquiry
4. Tanya jawab
5. Simulasi
6. Observasi / pengamatan

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Pertemuan I :
a. Pendahuluan
– Apersepsi : Jelaskan pengertian proses sosialisasi
– Motivasi : Siswa dapat bertukar pendapat mengenai fungsi sosialisasi dalam pem-
bentukan kepribadian
b. Kegiatan Inti :
– Kelas dibagi menjadi 4 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5 – 6 siswa
– Setiap kelompok mendiskusikan sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian
– Setiap kelompok melakukan presentasi, kelompok yang lain memberikan tanggapan
– Setelah melakukan diskusi, tanya jawab antar kelompok
– Selanjutnya melakukaan penyempurnaan hasil kerja kelompok
c. Penutup :
– Penilaian
– Refleksi : Siswa dapat mempraktekkan sosialisasi dalam kelas

Pertemuan 2 :
a. Pendahuluan :
– Apersepsi
– Motivasi
b. Kegiatan Inti :
– Menyebutkan faktor yang mempengaruhi sosialisasi
– Menjelaskan penyebab terjadinya sosialisasi
– Menyebutkan fungsi sosialisasi dalam pembentukan kepribadian
– Menyebutkan media sosialisasi
c. Penutup :
– Penilaian
– Refleksi : Siswa mampu mengungkapkan kesan arti pentingnya sosialisasi

Pertemuan 3 :
a. Pendahuluan :
– Apersepsi : Faktor-faktor sosialisasi
– Motivasi : Cerita tentang arti pentingnya bersosialisasi
b. Kegiatan Inti :
– Siswa dibagi tiga kelompok
Kelompok 1 memperagakan bentuk sosialisasi dalam keluarga
Kelompok 2 memperagakan bentuk sosialisasi dalam Sekolah
Kelompok 3 memperagakan bentuk sosialisasi dalam masyarakat
c. Penutup :
– Penilaian
– Refleksi : Siswa dapat membedakan sosialisasi dalam keluarga, sekolah dan
masyarakat

E. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN :
1. VCD pembelajaran
2. Buku sosiologi yang relevan
3. Surat kabar
4. Gambar lingkungan keluarga

F. PENILAIAN :
1. Teknik Penilaian
a. Tes Tertulis
b. Tes Uraian
2. Bentuk Instrumen :
a. Tes Uraian
b. Tes Pilihan ganda
3. Soal /Instrumen :
Tes Uraian :
(1). Jelaskan pengertian sosialisasi !
(2). Apakah tujuan sosialisasi ?
(3). Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi sosialisasi !
(4). Sebutkan media sosialisasi !
(5). Sebutkan fungsi sosialisasi !

Tes Identifikasi :
o Carilah gambar-gambar tentang bentuk nyata proses sosialisasi di masyarakat

Mengetahui, Purworejo. …………………
Kepala SMP /MTs ……………….. Guru Mata Pelajaran

……………………………. ……………………………
……………………………. ……………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 2.3)

Sekolah : SMP / MTs …………………
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VII / 1
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran ( 3 x pertemuan )
Standar Kompetensi : 2. Memahami kehidupan sosial manusia
Kompetensi Dasar : 2.3. Mengidentifikasi bentuk interaksi sosial
Indikator : o Menjelaskan syarat-syarat dean proses terjadinya Interaksi sosial
o Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial

A. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1. Menjelaskan syarat-syarat proses terjadinya interaksi sosial
2. Menyebutkan bentuk-bentuk interaksi sosial

B. MATERI PEMBELAJARAN :
1. Proses terjadinya interaksi sosial
2. Syarat terjadinya interaksi sosial
3. Bentuk-bentuk interaksi sosial antara individu dengan individu, individu dengan keluarga dan kelompok dengan kelompok.

C. METODE PEMBELAJARAN :
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Inquiry
4. Tanya jawab
5. Simulasi
6. Observasi / pengamatan

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Pertemuan I :
a. Pendahuluan
– Apersepsi :
– Motivasi :
b. Kegiatan Inti :
– Tanya jawab tentang syarat terjadinya interaksi sosial
– Tanya jawab tentang proses terjadinya interaksi sosial
– Membedakan bentuk-bentuk interaksi sosial
c. Penutup :
– Penilaian
– Refleksi : Siswa dapat menjelaskan syarat terjadinya interaksi sosial

Pertemuan 2 :
a. Pendahuluan :
– Apersepsi : membedakan bentuk-bentuk interaksi sosial
– Motivasi
b. Kegiatan Inti :
– Memberi contoh bentuk interaksi sosial antara individu dengan individu
– Memberi contoh bentuk interaksi sosial antara individu dengan kelompok
– Memberi contok bentuk interaksi sosial antara kelompok dengan kelompok
c. Penutup :
– Penilaian
– Refleksi : Siswa mampu membedakan bentuk-bentuk interaksi sosial

Pertemuan 3 :
a. Pendahuluan :
– Apersepsi :
– Motivasi : Menunjukkan contoh gambar bentuk-bentuk interaksi sosial
b. Kegiatan Inti :
– Diskusi tentang bentuk-bentuk interaksi sosial
c. Penutup :
– Penilaian
– Refleksi : Siswa mampu menjelaskan tentang bentuk-bentuk interaksi sosial

E. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN :
1. VCD pembelajaran
2. Buku sosiologi yang relevan
3. Surat kabar
4. Gambar lingkungan keluarga

F. PENILAIAN :
1. Teknik Penilaian
a. Tes Tertulis
b. Tugas membuat Portofolio
2. Bentuk Instrumen :
a. Tes Uraian
b. Tes identifikasi
3. Soal /Instrumen :
Tes Uraian :
(1). Jelaskan pengertian interaksi sosial!
(2). Sebutkan bentuk-bentuk interaksi sosial ?
(3). Berilah contoh bentuk interaksi sosial antara individu dengan individu !
(4). Berilah contoh bentuk interaksi sosial antara individu dengan kelompok!
(5). Berilah contoh bentuk interaksi sosial antara kelompok dengan kelompok!

Tes Identifikasi :
o Carilah gambar-gambar tentang bentuk nyata proses interaksi sosial di masyarakat

Mengetahui, Purworejo. …………………
Kepala SMP /MTs ……………….. Guru Mata Pelajaran

……………………………. ……………………………
……………………………. ……………………………
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 2.4)

Sekolah : SMP / MTs …………………
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VII / 1
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran ( 3 x pertemuan )
Standar Kompetensi : 2. Memahami kehidupan sosial manusia
Kompetensi Dasar : 2.4. Menguaraikan proses interaksi sosial
Indikator : o Mengidentifikasi proses sosial asosiatif
o Memberi contoh proses sosial yang disasosiatif

A. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1. Menjelaskan proses sosial asosiatif
2. Menyebutkan proses sosial yang disasosiatif

B. MATERI PEMBELAJARAN :
1. Proses sosial asosiatif
2. Proses sosial disasosiatif
3. Perbedaan proses sosial asosiatif dan disasosiatif
4. Contoh bentuk proses sosial asosiatif
5. Contoh bentuk prsoses sosial disasosiatif

C. METODE PEMBELAJARAN :
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Inquiry
4. Tanya jawab
5. Simulasi
6. Observasi / pengamatan

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Pertemuan I :
a. Pendahuluan
– Apersepsi :
– Motivasi : Menunjukkan contoh gambar proses sosial disasosiatif
b. Kegiatan Inti :
– Tanya jawab mengenai bentuk-bentuk proses sosial asosiatif
– Tanya jawab mengenai perbedaan antara proses asosiatif dan disasosiatif
– Memberi contoh proses sosial disasosiatif
c. Penutup :
– Penilaian
– Refleksi : Siswa mampu memberi contoh bentuk proses disasosiatif

Pertemuan 2 :
a. Pendahuluan :
– Apersepsi :
– Motivasi :
b. Kegiatan Inti :
– Tanya jawab tentang proses sosial asosiatif
– Tanya jawab tentang bentuk-bentuk proses sosial disasosiatif
c. Penutup :
– Penilaian
– Refleksi : Siswa mampu menjelaskan pengertian proses sosial asosiatif dan
disasosiatif

Pertemuan 3 :
a. Pendahuluan :
– Apersepsi : Memberi contoh proses sosial asosiatif
– Motivasi : Menunjukkan contoh gambar proses sosial asosiatif
b. Kegiatan Inti :
– Diskusi tentang proses sosial asosiatif dan disasosiatif
c. Penutup :
– Penilaian
– Refleksi : Siswa mampu menyimpulkan hasil diskusi tentang proses sosial
disasosiatif

E. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN :
1. VCD pembelajaran
2. Buku sosiologi yang relevan
3. Surat kabar
4. Gambar lingkungan keluarga

F. PENILAIAN :
1. Teknik Penilaian
a. Tes Tertulis
b. Tugas membuat Portofolio
2. Bentuk Instrumen :
a. Tes Uraian
b. identifikasi
3. Soal /Instrumen :
Tes Uraian :
(1). Jelaskan yang dimaksud dengan asosiatif!
(2). Identifikasi proses sosial disasosiatif yang terdapat di lingkungan masyarakatmu ?

Mengetahui, Purworejo. …………………
Kepala SMP /MTs ……………….. Guru Mata Pelajaran

……………………………. ……………………………
……………………………. ……………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 3.1)

Sekolah : SMP / MTs …………………
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VII / 1
Alokasi Waktu : 8 jam pelajaran ( 4 x pertemuan )
Standar Kompetensi : 3. Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan
Kompetensi Dasar : 3.1. Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk sosial dan
ekonomi yang bermoral dalam memenuhi kehidupan
Indikator : * Mendeskripsikan hakekat manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral
• Mengidentifikasikan makna manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral
• Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk sosial dan makhluk ekonomi yang bermoral
• Mewujudkan hubungan yang harmonis antara manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral

A. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1. Mendeskripsikan hakekat manusia sebagai makhluk sosial
2. Meneskripsikan hakekat manusia sebagai makhluk ekonomi yang bermoral
3. Mengidentifikasi makna manusia sebagai makhluk ekonomi
4. Mengidentifikasi makna manusia sebagai makhluk ekonomi yang bermoral
5. Mengidentifikasikan ciri-ciri makhluk sosial
6. Mengidentifikasikan ciri-ciri makhluk ekonomi yang bermoral
7. Mendemonstrasikan hubungan yang harmonis antar manusia sebagai makhluk antar manusia sebagai makhluk sosial
8. Mendemonstrasikan hubungan yang harmonis antar manusia sebagai makhluk antar manusia sebagai makhluk ekonomi yang bermoral

B. MATERI PEMBELAJARAN :
1. Hakekat manusia sebagai makhluk sosial
2. Hakekat manusia sebagai makhluk ekonomi
3. Pengertian manusia sebagai makhluk sosial
4. Pengertian manusia sebagai makhluk ekonomi yang bermoral
5. Ciri-ciri manusia sebagai makhluk sosial
6. Ciri-ciri manusia sebagai makhluk ekonomi yang bermoral
7. Contoh-contoh tindakan manusia sebagai makhluk sosial
8. Contoh-cotoh tindakan manusia sebagai makhluk ekonomi yang bermoral

C. METODE PEMBELAJARAN :
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Inquiry
4. Tanya jawab
5. Simulasi
6. Observasi / Pengamatan

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Pertemuan 1 :
1. Pendahuluan :
a. Apersepsi : Guru memberikan tentang gambaran kegiatan manusia dalam kehidupan sehari-hari
b. Motivasi :
– Siswa diminta untuk saling bertukar informasi tentang gambaran kegiatan manusia dalam kegiatan sehari-hari dengan temannya.
– Alat bantu yang dapat memudahkan untuk menemukan gambaran kegiatan yang dapat dilakukan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari tersebut ?
2. Kegiatan Inti :
a. Siswa dibagi dalam empat kelompok
b. Setiap kelompok diberi tugas untuk mengamati kegiatan yang dilakukan manusia dalam kehidupan sehari-hari di dunia nyata.
1) Kelompok 1 : merangkum gambaran tenatang kegiatan yang dilakukan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari
2) Kelompok 2 : mengidentifikasi kegiatan manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi yang bermoral
3) Kelompok 3 : mendeskripsikan hakekat manusia sebagai makhluk sosial
4) Kelompok 4 : mendeskripsikan hakekat manusia sebagai makhluk ekonomi yang bermoral
c. Setiap kelompok membuat laporan hasil pengamatan
d. Setiap kelompok mempresentasikan di depan kelas hasil pengamatannya
e. Tanya jawab tentang perbedaannya
3. Penutup :
a. Penilaian
b. Refleksi : Siswa menggungkapkan kesan terhadap pentingnya mempelajari hakekat manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral

Pertemuan 2 :
1. Pendahuluan :
a. Apersepsi : Menjelaskan gambaran makna manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi yang bermoral
b. Motivasi : Menceritakan tentang makna manusia sebagai makhlkuk sosial dan makhluk ekonomi yang bermoral dalam kehidupan sehari-hari
2. Kegiatan Inti :
a. Menjelaskan tentang pengertian manusia sebagai makhluk sosial
b. Menjelaskan tentang pengertian manusia sebagai makhluk ekonomi yang bermoral
c. Mengidentifikasi makna manusia sebagai makhluk sosial
d. Mengidentifikasi makna manusia sebagai makhluk ekonomi yang bermoral
3. Penutup :
a. Penilaian
b. Refleksi : Siswa menyimpulkan makna manusia sebagai makhluk sosial dn makhluk ekonomi yang bermoral dalam kehidupan sehari-hari

Pertemuan 3 :
1. Pendahuluan
a. Apersepsi : Menyebutkan hal-hal yang berhubungan dengan ciri-ciri makhluk sosial dan makhluk ekonomi yang bermoral dalam kehidupan sehari-hari
b. Motivasi : Siswa diajak keluar kelas untuk mengamati orang-orang yang sedang terlibat dalam suatu kegiatan kemanusiaan yang terdapat dalam kehidupan masyarakat sehari-hari
2. Kegiatan Inti :
a. Tanya jawab tentang ciri-ciri manusia sebagai makhluk sosial dalam kehidupan sehari-hari
b. Tanya jawab tentang ciri-ciri manusia sebagai makhluk ekonomi yang bermoral dalam kehidupan sehari-hari
3. Penutup :
a. Penilaian
b. Refleksi : Siswa membuat kesimpulan tentang ciri-ciri manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral

Pertemuan 4 :
1. Pendahuluan :
a. Apersepsi : Jelaskan bagaimana sikap manusia yang satu dengan manusia yang saat bertemu, baik dijalan, dikantor, di acara resepsi, di acara rapat atau ditempat-tempat lain.
b. Motivasi : Mengamati sikap manusia saat baru bertemu pada tempat-tempat tertentu
2. Kegiatan Inti :
a. Tanya jawab tentang tindakan / sikap yang dilakukan masyarakat saat baru berjumpa
b. Mendemonstrasikan tindakan / sikap yang dilakukan masyarakat pada saat baru bertemu/berjumpa, baik dijalan, dikantor, dirumah saat bertemu, saat rapat, saat suasana berkabung dan sebagainya.
3. Penilaian :
a. Penilaian
b. Refleksi : Siswa menyampaikan kesan tentang sikap masyarakat saat baru berjumpa/ bertemu baik di forum rapat, takziah, resepsi, kerjabakti, gotong royong dan sebagainya.

E. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN :
1. Film tentang acara resepsi, acara takziah, acara rapat dan sebagainya
2. Foto-foto hasil dokumentasi kegiatan masyarakat
3. Kertas karton / HVS
4. Lembar Penilaian Psikomotorik
5. OHP
6. Buku ekonomi yang relevan
7. Lingkungan masyarakat (sekolah, keluarga, RT, RW dan sebagainya)

F. PENILAIAN :
1. Teknik Penilaian :
a. Tes tulis
b. Tes unjuk kerja
2. Bentuk Instrumen :
a. Tes uraian
b. Mengumpulkan foto/gambar-gambar yang menunjukkan hubungan yang harmonis antara Presiden saat bertemu dengan para Perdana Menteri dari negara lain, atau gambar-gambar para pejabat saat bertemu dengan para pejabat yang lain.
3. Soal / Instrumen :
1) Berilah 3 contoh kegiatan manusia dalam kehidupan sehari-hari !
2) Jelaskan makna/hakekat manusia sebagai makhluk sosial !
3) Jelaskan makna/hakekat manusia sebagai makhluk ekonomi yang bermoral !
4) Jelaskan makna kata ekonomi !
5) Sebutkan 5 ciri manusia sebagai makhluk sosial !
6) Sebutkan 5 ciri manusia sebagai makhluk ekonomi yang bermoral !
7) Apa yang dilakukan oleh manusia saat baru bertemu dengan manusia sebagai makhluk sosial !

Mengetahui, Purworejo. …………………
Kepala SMP /MTs ……………….. Guru Mata Pelajaran

……………………………. ……………………………
……………………………. ……………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 3.2)

Sekolah : SMP / MTs …………………
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VII / 1
Alokasi Waktu : 8 jam pelajaran (4 x pertemuan )
Standar Kompetensi : 3. Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan
Kompetensi Dasar : 3.2. Mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari
Indikator : * Mendeskripsikan perilaku manusia dalam memanfaatkan sumber daya yang terbatas untuk memenuhi hidupnya
• Mendeskripsikan berbagai tindakan ekonomi rasional yang dilakukan manusia
• Mendefinisikan pengertian motif dan prinsip ekonomi
• Mengaplikasikan kegiatan / tindakan ekonomi sehari-hari berdasarkan motif dan prinsip ekonomi
• Mengidentifikasi manfaat/pentingnya prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari

A. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Setelah selesai mengikuti proses pembelajaran siswa diharapkan dapat :
1. Mendeskripsikan perilaku manusia dalam memanfaatkan sumber daya yang terbatas dalam kegiatan sehari-hari
2. Menjelaskan tindakan ekonomi yang rasional dalam kehidupan sehari-hari
3. Menjelaskan pengertian tentang motif ekonomi
4. Menyebutkan macam-macam motif ekonomi
5. Mengamati kegiatan penduduk di sekitarnya berdasarkan prinsip ekonomi
6. Menyebutkan 5 macam kegiatan ekonomi dalam kehidupan sehari-hari yang berdasarkan prinsip ekonomi

B. MATERI PEMBERLAJARAN :
1. Pemanfaatan sumber daya ekonomi
2. Tindakan ekonomi
3. Pengertian motif dan prinsip ekonomi
4. Macam-macam motif dan prinsip ekonomi
5. Kegiatan/ tindakan ekonomi sehari-hari berdasarkan motif dan prinsip ekonomi
6. Manfaat/ pentingnya prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari

C. METODE PEMBELAJARAN :
1. Ceramah
2. Tanya jawab bervariasi
3. Observasi
4. Diskusi
5. Penugasan

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Pertemuan 1 :
1. Pendahuluan :
a. Apersepsi : Mengingatkan kembali tentang kelangkaan sumber daya
b. Motivasi : Ditampilkan gambar-gambar berbagai tindakan ekonomi yang rasional
2. Kegiatan Inti :
a. Mengarahkan siswa untuk membaca buku sumber
b. Guru membagi dalam kelompok maksimal 5 siswa setiap kelompok untuk berdiskusi tentang perilaku manusia dalam memanfaatkan sumber daya yang terbatas
c. Tanya jawab tentang tindakan ekonomi rasional yang dilakukan manusia
d. Memberikan tugas rumah untuk membuat salah satu tindakan ekonomi yang rasional yang dapat dilakukan
3. Penutup :
a. Memberikan penguatan dari hasil tanya jawab maupun diskusi kelompok
b. Membimbing siswa untuk memberikan refleksi
c. Memberikan tes
d. Memberikan tugas rumah pada siswa

Pertemuan 2 :
1. Pendahuluan :
a. Apersepsi : dialog tentang motif dan prinsip ekonomi
b. Motivasi : ditampilkan gambar-gambar yang berkaitan dengan motif dan prinsip ekonomi
2. Kegiatan Inti :
a. Guru membagi kelompok maksimal 5 siswa dalam satu kelompok dengan tugas membahas :
1) Pengertian motif ekonomi
2) Menyebutkan macam-macam motif ekonomi
3) Pengertian prinsip ekonomi
4) Menyebutkan macam-macam prinsip ekonomi
b. Mempresentasikan hasil diskusi dari masing-masing kelompok
c. Melakukan penilaian dari hasil pengamatan pelaksanaan diskusi dan presentasi
3. Penutup :
a. Membuat kesimpulan bersama-sama dari hasil diskusi
b. Melakukan pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas
c. Refleksi

Pertemuan 3
1. Pendahuluan :
d. Apersepsi : dialog tentang motif dan prinsip ekonomi
e. Motivasi : ditampilkan gambar-gambar yang berkaitan dengan motif dan prinsip ekonomi
2. Kegiatan Inti :
f. Guru membagi kelompok maksimal 5 siswa dalam satu kelompok dengan tugas membahas :
1) Pengertian motif ekonomi
2) Menyebutkan macam-macam motif ekonomi
3) Pengertian prinsip ekonomi
4) Menyebutkan macam-macam prinsip ekonomi
g. Mempresentasikan hasil diskusi dari masing-masing kelompok
h. Melakukan penilaian dari hasil pengamatan pelaksanaan diskusi dan presentasi

4. Penutup :
a. Membuat kesimpulan bersama-sama dari hasil diskusi
b. Melakukan pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas
c. Refleksi

Pertemuan 4
1. Pendahuluan :
a. Apersepsi : Memeriksa kehadiran siswa
b. Motivasi : Mengajukan pertanyaan misalnya “Apakah kamu pernah melakukan tindakan ekonomi yang berdasarkan motif dan prinsip ekonomi ?
2. Kegiatan Inti :
a. Guru memandu siswa untuk melaksanakan diskusi disekitar sekolah
b. Masing-masing kelompok mendiskusikan tentang kegiatan yang dilakukan penduduk berdasarkan motif ekonomi
c. Masing-masing kelompok mendiskusikan tentang kegiatan yang dilakukan penduduk berdasarkan prinsip ekonomi
3. Penutup :
a. Membuat kesimpulan bersama dari hasil diskusi dengan materi di atas
b. Memberikan tugas individu pada siswa untuk mengimbangkan kegiatan ekonomi yang berdasarkan prinsip ekonomi

E. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN :
1. Buku IPS …………… Pengarang …………. Halaman
2. Kertas bergaris / HVS
3. Guru
4. Lembar Penilaian
5. OHP
6. Buku ekonomi yang relevan
7. Lingkungan masyarakat (sekolah, keluarga, RT, RW dan sebagainya

F. PENILAIAN :
1. Tes tertulis (terlampir)
2. Penugasan (terlampir)
3. Observasi (terlampir)

Mengetahui, Purworejo. …………………
Kepala SMP /MTs ……………….. Guru Mata Pelajaran

……………………………. ……………………………
……………………………. ……………………………

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s